Sponsor

Sponsor

Saturday 26 March 2016

Daftar Film Horror Berdasarkan Kisah Nyata Terbaik Versi IMDb

IMDb

IMDb adalah singkatan dari Internet Movie Database. Situs ini memiliki alamat web www.imdb.com ini membuat tentang berbagai informasi tentang film, program televisi dan video game, termasuk aktor, crew, dan karakter fiksi yang terdapat dalam tiga media hiburan visual tersebut. Saat ini Database IMDb telah diperluas untuk mencakup kategori tambahan  seperti demografis film tersebut dibuat, trivia, biografi, dan ringkasan cerita. IMDb diluncurkan pada tanggal 17 Oktober 1990 dan pada tahun 1998 diakuisasi oleh Amazon.com. Di dalam IMDb juga ada komunitas yang dapat berkontribusi langsung untuk menuangkan review tentang film dan memberikan rating pada film tersebut. Tidak hanya dari kaum awam, para pakarpun juga mempunyai wadah sendiri untuk memberi rating dan menuangkan review secara profesional pada film tersebut.

1. The Silence of the Lambs (1991) - Rating IMDb : 8.6


Film horror berdasarkan kisah nyata yang pertama adalah The Silence of the Lambs. Hannibal Lecter merupakan sosok ikonik dalam sejarah film horor Hollywood. Saking mengerikannya sosok satu ini, banyak yang tak menyangka bahwa sosoknya tersebut didasarkan pada karakter nyata. Potongan-potongan latar belakang dari seorang kanibal pembunuh berantai yang dilakukan oleh Albert Fish membantu sang penulis novel Thomas Harris untuk menciptakan karakter tersebut. Tokoh itu pun dihidupkan dalam kisah layar lebar oleh Anthony Hopkins.

2. Psycho (1960) - Rating IMDb : 8.


Film horror berdasarkan kisah nyata yang kedua adalah Psycho. Salah satu adegan paling menyeramkan dalam film ini adalah adegan pembunuhan berdarah dingin telah terjadi di dalam suatu Motel yang sepi dan terletak di daerah yang strategis pada belahan barat benua Amerika. Hanya dengan pisau dapur yang tergenggam di tangan seorang perempuan yang sudah tua-renta, tubuh polos seorang wanita muda yang sedang mandi pun menjadi korban tusukan yang beruntun. Walau sudah berkali-kali berteriak kesakitan, hati sang pembunuh bisa terbilang seakan sudah mati. Ia terus saja menusuk sampai banyak sekali darah yang keluar dan ikut mengalir bersama air dari shower ke dalam lubang pembuangan di dalam bak mandi.

Norman Bates adalah pemilik hotel yang keadaan psikologinya terganggu sejak kematian sang ibu. Dia memiliki kepribadian ganda dan selalu mengenakan gaun ketika membunuh.
Pada kenyataannya, karakter Norman Bates terinspirasi dari seorang pria asal Wisconsin, Ed Gein, yang ditangkap pada tahun 1957 karena membunuh dua wanita. Tak hanya itu, dia juga menggali kuburan banyak wanita serta menguliti tubuh mereka untuk dijadikan kaus kaki dan woman suit dengan harapan menjadi seorang wanita.

3. Jaws (1975) - Rating IMDb : 8.1


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah Jaws. Tahukah Anda kalau ternyata film horror klasik mengenai serangan hiu putih "JAWS" memang diangkat dari kisah nyata? Kisah nyata itu adalah tragedi serangan hiu di pantai New Jersey pada tahun 1916. Tragedi nyata tersebut terjadi pada musim liburan dan uniknya sesudah serangan pertama terjadi, pihak berwajib tetap meremehkan kejadian itu, membiarkan pantai tetap terbuka sembari beberapa pemburu hiu memasuki air untuk melakukan pemburuan yang sia-sia. Beberapa kejadian dan karakter yang terjadi di tragedi nyata tersebut juga secara aneh memiliki kesamaan dengan karakter dan kejadian di film JAWS.
 
Namun walaupun The New York Times telah menunjukkan beberapa kesamaan, Peter Benchley sebagai pengarang novel JAWS membantah adanya hubungan antara karyanya dengan tragedi nyata tersebut. Di sisi lain, penulis naskah film JAWS, Carl Gottlieb mengakui bahwa tragedi serangan hiu di New Jersey memang adalah salah satu inspirasi dari film horror klasik JAWS. Bagi Anda yang belum tahu, film JAWS yang menyebabkan banyak orang takut akan hiu ini adalah film yang diangkat dari novel Peter Benchley dengan nama yang sama, JAWS.

4. The Exorcist (1973) - Rating IMDb : 8.0


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah The Exorcist. Film ini diangkat dari sebuah novel dan novel itu berdasar pada kisah nyata yang menceritakan pengusiran setan dalam diri seorang anak lelaki bernama Roland Doe di tahun 1949. Akhir cerita, dikatakan bahwa pengusiran setan tersebut berhasil dan Roland Doe dapat hidup normal kembali menjalani kehidupannya namun proses pengusiran tersebut sangatlah panjang dan menyeramkan.

Pada saat ia kecil, Roland Doe adalah sosok yang sangat dekat dengan bibinya, Harriet. Harriet kemudian memperkenalkan papan ouija kepada Roland untuk berkomunikasi dengan roh. Hingga pada akhirnya ketika Roland berumur 13 tahun, ia dikabari bahwa bibinya telah meninggal. Roland kemudian berusaha untuk berkomunikasi kepada bibinya melalui papan ouija, namun hal aneh mulai terjadi dimana barang-barang melayang, perabotan dapat bergerak sendiri hingga akhirnya sebuah sosok iblis memasuki diri Roland. Pada saat pengusiran, ada banyak kejadian mengerikan yang terjadi dimulai dari Roland memuntahkan cairan hijau, tulisan neraka yang muncul di tubuh Roland, hingga ia merangkak terbalik.

5. Conjuring (2013) - Rating IMDb : 7.5


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah Conjuring. Ed dan Lorraine Warren telah menyelidiki aktivitas paranormal sejak awal 1950-an. Selama karir panjang mereka, mereka menyelidiki lebih dari 4.000 kasus hantu, termasuk yang terkenal adalah Amityville Haunting di mana mereka diakui sebagai peneliti psikis pertama. Warrens dan Ed mengatakan bahwa investigasi mereka di keluarga  Perron adalah investigasi yng paling intens, menarik dan paling sulit dalam sejarah karir mereka. Dimana Roger Perron, Carolyn istrinya dan kelima anak mereka Andrea (Annie), Nancy, Christine, Cindy, dan April mengalami penyiksaannya dari roh - roh yang menempati rumah barunya.

Rencana untuk memindahkan anak anaknya di rumah yang lebih tenang, Roger dan Carolyn Perron membeli rumah impian mereka pada musim dingin tahun 1970. The Old Arnold Estate yang luasnya 200 hektar merupakan salah satu perkebunan asli daerah. Terletak di 1677 Round Top Jalan di Harrisville, Rhode Island, 14 kamar dibangun pada tahun 1736 dengan banyak ruang untuk lima anak mereka, semua gadis, Nancy dan Christine Perron berbagi satu ruangan, Cindy dan April lain, dan Andrea memiliki ruang untuk dirinya sendiri – Suasana sangat nyaman kecuali pada malam hari, seperti Andrea katakan “para suster datang merangkak ke tempat tidur dan dia gemetar lalu menangis ketakutan”.

Keluarga Perron mulai melihat sesuatu yang tidak beres dari hari pertama mereka masuk ke dalam rumah baru mereka yang indah. Kemudian mereka mengetahui bahwa delapan generasi keluarga telah hidup dan mati disana di Old Arnold Estate termasuk Mrs John Arnold yang pada usia 93, ditemukan gantung diri dari langit-langit gudang. berita lainnya lagi, dari kehidupan di perkebunan terdapat beberapa kasus bunuh diri, pemerkosaan dan pembunuhan yang belum terpecahkan. Disamping itu ada juga berita gadis sebelas tahun Prudence Arnold (kemudian diduga telah dibunuh di peternakan), dua orang tenggelam secara tiba-tiba di sungai yang terletak di dekat rumah, dan empat pria misterius membeku sampai mati di tanah. Tidak butuh waktu lama untuk keluarga Perrons mengerti mengapa penjual sebelumnya menyarankan pada saat mereka pindah untuk tetap menyalakan lampu pada malam hari.

6. Texas Chainsaw Massacre (1974) - Rating IMDb : 7.5


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah Texas Chainsaw Massacre. Film The Texas Chainsaw Massacre, dilarang tayang pada sejumlah Negara dengan alasan tingkat kekerasan film yang terlalu tinggi. Film ini menceritakan sekelompok remaja yang terperangkap di rumah keluarga kanibal. Pembunuhnya dipanggil Leatherface, karena dia mengenakan kulit korbannya sabagai topeng di wajah. Nyatanya, film ini berdasarkan serial killer kisah nyata, Si Gila Ed. Ed, tinggal di peternakan dan desa terpencil. Ia senang memakai kulit korbannya sebagai topeng dan mendekorasi rumahnya dengan potongan mayat.

Ed dianggap memiliki masalah kejiwaan yang serius, tapi belum diketahui pasti apakah dia merupakan kanibal. Ed ditangkap polisi setelah ditemukan jantung manusia di penggorengannya. Polisi bertanya apa dia mau makan jantung itu? Dia menjawab, tentu saja kalau polisi itu berpikir dia gila. Selain film ini, kasus Ed juga menginspirasi film lain seperti Silence of the Lambs dan Psycho.

7. Nightmare on Elm Street (1984) - Rating IMDb : 7.5


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah Nightmare on Elm Street. Film ini dinobatkan sebagai salah satu dari 1000 film terbaik yang pernah dibuat tahun 2012. Difilm ini terdapat karakter boogeyman, yang masuk ke mimpi korbannya lalu membunuhnya. Film ini kabarnya diangkat dari kisah nyata yang masih menjadi mister di Kamboja, Asia Tenggara. Saat itu terdapat beberapa pengunsi remaja yang sangat ketakutan karena mimpi buruk. Mereka menolak untuk tidur karena takut mati. Kelompok remaja ini kabur dari Kamboja ke Amerika, dan mereka pikir mereka aman disana. Ternyata, saat satu persatu mereka tidur, anggota kelompok ini meninggal misterius. Setelah diautopsi oleh rumah sakit, enggak ditemukan kejanggalan sama sekali pada kematian mereka.

8. The Heavenly Creatures (1994) - Rating IMDb : 7.4


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah The Heavenly Creature. Film ini diangkat dari kisah nyata tentang persahabatan 2 orang gadis, Paulina dan Juliet pada tahun 1950 silam di New Zealand.

Kedekatan hubungan Paulina dan Juliet dianggap terlalu berlebihan untuk ukuran orang normal. Orang tua mereka masing -masing yang khawatir akan kedekatan mereka tersebut akhirnya memutuskan untuk memisahkan mereka berdua karena takut anak mereka memiliki hubungan lesbi (Lesbi atau hubungan intim sejenis dianggap sebagai penyakit jiwa pada masa itu). Tantangan dari orang tuanya mereka itu menimbulkan kepedihan yang mendalam bagi mereka. Dan karena rasa cinta mereka yang terlalu besar itu membuat mereka mengambil keputusan untuk menghilangkn nyawa orang - orang yang berusaha menghalangi hubungan mereka itu.

Ibu dari Paulina merupakan korban pertama yang mereka bunuh pada tahun 1954. Padahal saat itu mereka masih berumur 15 tahun. Dan umur merek itulah yang telah menyelamatkan mereka berdua dari hukuman mati. Sebagai gantinya, Paulina dan Juliet masing - masing dijatuhi hukuman 5 tahun penjara.

9. Revenous (1999) - Rating IMDb : 7.1


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah Revenous. Alfred Parker adalah seorang kanibal paling terkenal sepanjang sejarah Amerika. Saat sedang menjelajahi tambang emas di Colorado pada tahun 1874, Alfred Parker dan kelima temannya memutuskan untuk  bertahan dimusim dingin bersalju yang dahsyat ketimbang menunggu dan kembali ke peradaban untuk menunggu sampai musim berganti.

Alfred Parker adalah satu - satunya yang selamat dari musim dingin tersebut. Hal yang mengejutkan adalah Alfred Parker selamat dengan cara membunuh teman - temannya tersebut dan mengkonsumsi daging mereka. Bahkan saat diintrogasi, Alfred Parker mengakui jika ia sudah mulai ketagihan dengan daging manusia terutama dibagian sekitar dada.

10. Henry : Portrait of Serial Killer (1986) - Rating IMDb : 7.0


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah Henry : Portrait of serial Killer. Film ini terinspirasi dari kisah pembunuh berantai Henry lee Lucas, yang mengaku telah melakukan pembunuhan sebagai 600 kali mulai dari tahun 1960 sampai 1983. Meski banyak dari pembunuhan tersebut masih disangsikan atau tak diakui, kengerian tersebut menjadi inspirasi pembuatan film ini.
Pada akhirnya Lucas dibuktikan telah melakukan pembunuhan sebanyaK 213 kali. Hanya orang dengan kelainan jiwa yang sangat serius yang sanggup melakukan pembunuhan sebanyak itu.

11. The Exorcist of Emily Rose (2005) - Rating IMDb : 6.7


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah The Exorcist of Emily Rose. Film yang diangkat dari kisah nyata tentang seorang anak perempuan yang meninggal pada tahun 1976, anak perempuan bernama Anneliese Michel yang mengenai kematiannya terjadi perdebatan, bahwa beberapa pihak mengatakan dia mati karena pengaruh iblis dan roh jahat yang ada pada dirinya, dan sebagian lagi mengatakan bahwa Anne meninggal dikarenakan Pendeta yang menangani penyakit gangguan iblis dalam diri Anne tersebut salah memberikan obat dan menganggap bahwa itu adalah penyakit halusinasi secara medis.

Anneliese ketika mengalami kesurupan memang terlihat sangat aneh dan menyeramkan, menurut keluarganya, Anne pernah meminum air seninya sendiri dan memakan laba-laba hidup ke dalam mulutnya. Rekaman video yang merekam saat pendeta melakukan pengusiran terhadap iblis yang ada dalam diri Anne terlihat bahwa Anne mampu berbicara bahasa latin dan bahasa lain secara fasih saat dia mengalami kerasukan, Anne pun mengakui bahwa ia dirasuki oleh 6 iblis sekaligus, yaitu Judas Iscariot, Lucifer, Hitler, Pendeta Fleischmann, Nero dan Cain.

Pengadilan pun memutuskan untuk membebaskan pendeta tersebut yang dianggap telah membunuh Anne, hingga saat ini kuburan atau makam Anne masih sering didatangi para peziarah yang ingin melihat langsung makam anak tersebut.

12. The Girl Next Door (2007) - Rating IMDb : 6.7


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah The Girl Next Door. Film yang berkisah tentang dua orang gadis remaja yang tinggal bersama bibinya saat itu harus merasakan pengalaman yang pedih, bibi kedua gadis tersebut mengurung mereka, memukul, bahkan menyiksa keduanya. Bibi itupun memperbolehkan anak laki-lakinya untuk memperkosa kedua gadis tersebut.

Film yang diangkat dari kisah nyata sebuah Novel karya Jack Ketchum ini berawal tentang perempuan bernama Sylvia Likens. kedua orang tuanya harus pergi karena pekerjaan sebagai pemain sirkus, lalu dia dititipkan oleh teman orang tuanya, bernama Gertrude Baniszweski. Gertrude beserta anak-anaknya, dan beberapa laki-laki lain itu lalu menyiksa Sylvia sangat keji hingga akhirnya Sylvia meninggal. Pihak berwajib yang menangani kasus ini mengatakan bahwa ini adalah kasus Kejahatan terkejam yang pernah dilakukan di Indiana, US.

Namun dalam film ini ada sedikit perbedaan dengan kasus nyatanya, bahwa Liken tidak pernah diperkosa melainkan dipaksa lebih kejam dipaksa untuk menggunakan botol Coca-Cola melakukan tindak asusila di depan anak-anak Gertrude.

13. Snowtown (2011) - Rating IMDb : 6.6


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah Snowtown. John Justin Bunting dan pengikutnya yang bernama Robert Joe Wagner, Mark Haydon dan James Vlassakis menyiksa dan membunuh sedikitnya 11 penduduk di Salibury North, Australia. John Justin Bunting membenarkan apa yang dilakukannya dengan berkata jika ia hanya membantu komunitasnya untuk membasmi para pedofil, kaum gay, orang lemah dan orang - orang yang tidak mereka sukai.

James Vlassakis merupakan saksi kuci dalam kasus ini. Dan film Snowtown ini sendiri dibuat dari sudut pandang / pengakuan dari James Vlassakis.

14. The Entity (1982) - Rating IMDb - 6.6


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah The Entity. Film Entiity termasuk film horror konsmusi dewasa yang bercerita tentang Carla Morgan, seorang ibu dengan tiga orang anak. Carla Morgan mengalami pemerkosaan yang dilakukan oleh mahluk halus aneh dirumahnya berulang kali.

Film ini sendiri diangkat dari kisah nyata seorang wanita bernama Doris Bither yang tinggal di Culver City California. Pada tahun 1974 paranormal yang bernama Kerry Gaynor dan rekannya Barry Taff dipanggil oleh Doris Bither karena ia mengaku telah mengalami kekerasan fisik seksual oleh mahluk halus.

Gaynor dan Taff menyaksikan benda - benda bergerak sendiri dirumahnya, termasuk foto penampakan cahaya mengambang. Tetapi Gaynor dan Taff tidak pernah melihat secara langsung penyerangan yang dilakukan mahluk halus terhadap Doris Bither. Gangguan akhirnya mereda setalah Doris Bither pindah kerumah yang baru.

15. Fire in the Sky (1993) - Rating IMDb : 6.5


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah Fire in the Sky. Travis Walton mengklaim bahwa ia telah diculik oleh alien pada tanggal 5 November 1975. Travis Walton dan teman - temannya sesama penebang pohon sedang mengemudikan mobil mereka menuju rumah ketika mereka melihat sebuah UFO terbang melintasi hutan Surgreaves, Arizona. Travi mencoba mendekat ke arah UFO tersebut dengan harapan dapat melihat UFO tersebut lebih jelas. Namun sayangnyaTravis Walton pingsan dan tidak sadarkan diri setelah ada sinar biru kehijauan yang menyambarnya. Teman - temannya langsung melarikan diri saat mereka menyaksikan langsung Travis Walton tiba - tiba hilang tanpa jejak.

Travis akhirnya ditemukan setelah menghilang selama 5 hari. Cerita Travis Walton sangat menarik perhatian halayak ramai. Dan hebatnya Travis Walton berhasil melewati 12 uji tes kebohongan dan terbukti tidak berbohong sedikitpun. Sama halnya dengn Travis Walton, teman - temannya yng juga menyaksikan ia hilang tersebut juga menjalanani uji tes kebohongan yang sama dan juga terbukti tidak berbohong.

Film Fire in the Sky ini didasarkan dari pengalaman Travis Walton. Namun tentu saja tetap terdapat efek tersendiri yang ditambahkan oleh Hollywood.

16. The Serpent and the Rainbow (1998) - Rating IMDb : 6.5


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah The Serpent and Rainbow. Mengambil latar tahun 1962, Claivirus Narcisse meninggal dan dikuburkan oleh keluarganya. Namun, hal menakutkan muncul saat ia kembali ke rumahnya pada tahun 1980. Keluarganya menjelaskan kalau Clairvus telah ditaburi “Bubuk Zombie” oleh seorang penyihir  Voodoo. Hal ini telah menghidupkan ia kembali dan memaksa ia untuk bekerja di perkebunan. Kembalinya Clairvius ke rumah ini karena penyihir dan pemilik perkebunan tersebut telah meninggal. 

Seorang antropolog pun penasaran dengan cerita ini dan mencoba untuk mempelajari tentang “bubuk zombie”. Ternyata diketahui bahwa bubuk tersebut merupakan campuran dari Tetrodoxtin dan bufotenin yang merupakan racun dari ikan buntak da kodok. Film ini dibintagi oleh Bill Pullman dan disutradarai oleh Wes Craven.

17. Stuck (2007) - Rating IMDb : 6.5


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah Stuck. Film ini bercerita tentang seorang wanita bernama Chante Mallard yang berpesta semalaman dengan minum - minum dan menggunakan narkotika di Forth Worth, Texas. Saat jam menunjukkan pukul 3 pagi, Chante Mallard meninggalkan apartemen temnnya dan pergi menuju kerumahnya. Dalam perjalanan pulang Chante Mallard yang mengedarai mobil yang ia miliki menabrak seorang pejlan kaki yang merupakan tunawisma bernama Gregory Biggs. Tabrakan itu mengakibatkan tubuh Gregory Biggs tersangkut dikaca depan mobil Chenta Mallad.

Chante Mallard berusaha mengeluarkan tubuh Grogry Bigs yang tersangkut tersebut, namun gagal. Chante Mallard pun akhirnya memutuskan untuk pulang dan tetap mengndarai mobilnya yang masih terdapat tubuh Grogry dikaca depannya. Sesampai dirmah, Chante memarkirkan mobilnya kegarasi mobilnya. Chante Mallard tetap dengan berkala memeriksa kondisi Gregory Biggs sambil terus meminta maaf. Namun permintaan maafnya tersebut sepertinya tidak ada gunanya, karena ia sama sekali tidak melakukan tindakan apapun untuk berusaha menyelamatkan nyawa Gregory Biggs maupun mencoba untuk menghubungi polisi. 

Gregory Biggs akhirnya meninggal karena kehabisan darah. Jasad Gregory Biggs dibuang ketaman terdekat oleh pacar Chante Mallard dan saudaranya. Polisi pun akhirnya menemukan jasad Gregory Biggs dan Chante Mallard dijatuhi hukuman 50 tahun penjara.

18. Child's Play (1988) - Rating IMDb : 6.5


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah Child's Play. Masih ingat dengan boneka horror menyeramkan Chucky? Ya, film yang dirilis di tahun 1988 ini menceritakan mengenai sebuah boneka pembunuh bernama Chucky. Boneka pembunuh ini sendiri sebenarnya hanyalah boneka biasa namun berisikan nyawa seorang pembunuh berantai bernama Charles Lee Ray yang ingin mendapatkan tubuh seorang anak kecil bernama Andy. Film Child's Play sangatlah terkenal dan telah memunculkan beberapa sekuel yang sukses di box office. Siapa yang menyangka kalau ternyata film horror yang popular ini terinspirasi dari kisah nyata terkait sebuah boneka terkutuk bernama Robert Si Boneka atau Robert the Doll.

Di tahun 1903, anak kecil berumur 3 tahun, Robert Eugene Otto menerima sebuah boneka yang kemudian ia berikan nama Robert. Tidak lama sesudah ia menerima boneka itu, orang tua Otto mulai mendengar 2 suara yang datang dari kamar tidur anaknya. 1 adalah suara Otto, sedangkan 1 lagi adalah suara yang benar-benar berbeda, dimana pada saat ditanya Otto mengatakan bahwa itu adalah suara Robert si Boneka. Otto kemudian bertumbuh dewasa dan menikah, namun sayangnya ia tidak membuang boneka tersebut. Tidak jarang keluarga dan anak-anak Otto melihat seakan-akan boneka ini berlari dari ruangan yang satu ke ruangan yang lain, bahkan anak-anak Otto bersumpah bahwa boneka ini sering melihat mereka dari jendela kamar dan terkadang dari jendela yang berbeda.

Otto kemudian meninggal di tahun 1974 dan boneka ini kemudian dimiliki oleh seorang anak perempuan bernama Gene. Singkat cerita, Gene mengalami serangan mental yang luar biasa dan ia mengatakan bahwa di malam hari Robert si Boneka akan menyerang dirinya.

19. The Mothman Prophecies (2002) - Rating IMDb : 6.5


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah The Mothman Prophecies. Film yang beredar pada tahun 2002 dan dibintangi oleh Richard Gere ini dibuat berdasarkan kisah nyata yang terjadi di  Point Pleasant, West Virginia antara tahun 1966 hingga 1967, film ini sebagian berdasarkan pada buku yang ditulis oleh John Keel pada tahun 1975 dengan judul yang sama.

Menceritakan tentang petualangan seorang reporter yang menyelidiki fenomena kemunculan “Mothman”, makhluk seukuran manusia yang bersayap. Banyak saksi mata menyatakan melihat langsung sosok makhluk ini pada tahun 1966 hingga 1967 di sekitar area bekas gudang amunisi di masa perang dunia II. Dilaporkan makhluk ini berwarna putih, wajahnya mirip serangga dengan mata berwarna merah menyala. Dalam kurun waktu sekitar satu tahun, makhluk ini dilaporkan telah membunuh sebanyak 46 orang.

Film ini sendiri bisa dikatakan cukup berhasil dari segi finansial dengan mencatatkan pemasukan sekitar $55 juta.

20. The Hills Have Eyes (1977) - Rating IMDb : 6.4


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah The Hills Have Eyes. Film ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang terjeba disebuah padang pasir Nevada. Yang membuat keadaan semakin parah adalah adanya sekumpulan manusia Kanibal yang sangat liar dan kejam.

Sang sutradara, Wes Craven mengaku jika dirinya terinspirasi oleh sebuah kisah abad 15-16 dari legenda Skotlandia tentang seorang kanibal bernama Sawney Bean. Bean diceritakan hidup bersama istrinya di sebuah gua dan punya empat belas anak.

Kebutuhan seks mendorong anak-anaknya untuk saling berhubungan badan dan pada akhirnya mempunyai 32 cucu, tentu saja semuanya hasil dari hubungan sesama saudara. Untuk bertahan hidup, keluarga itu menangkap para pejalan kaki yang lewat, memutilasi tubuh mereka dan memakan dagingnya mentah-mentah.

Pada akhirnya keluarga ini ditangkap dan dieksekusi oleh pihak berwenang. Cerita tersebut mungkin sudah banyak ditweak pada film THE HILLS HAVE EYES, namun beberapa sejarawan mengaku jika cerita mengenai keluarga kanibal di atas itu benar adanya.

21. The Blob (1988) - Rating IMDb : 6.3


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah The Blob. Jika Anda adalah pecinta film horror, maka ada kemungkinan Anda pernah mendengar film horror satu ini, "The Blob." Film ini menceritakan mengenai bentuk kehidupan asing yang menyerupai Jelly dimana alien jelly ini terus bertumbuh, membesar, dan memakan apapun yang ia temui termasuk di dalamnya adalah manusia. "The Blob" sendiri memiliki reputasi sebagai salah satu film horror yang sangat popular namun mendengar kata alien, tentu hal ini tidak mungkin didasarkan dari kisah nyata bukan?

Mungkin tidak sepenuhnya, tapi ternyata film ini memang terinspirasi dari kisah aneh dan pengakuan nyata dari polisi di tahun 1950, Pennsylvania. Dilaporkan bahwa 2 orang polisi menyaksikan sesuatu yang menyerupai jelly ungu jatuh dari langit dan bedanya begitu disentuh, bagian jelly yang disentuh akan menguap, meninggalkan sisa-sisa tidak berbau. Tidak lama kemudian akhirnya jelly ini lenyap di begitu saja hanya meninggalkan sebuah bekas misterius di tanah.

22. Wolf Creek (2005) - Rating IMDb : 6.3


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah Wlof Creek. Naskah film ini mulanya hanya ditulis sebagai kisah fiktif biasa, namun sang penulis memutuskan untuk menambahkan beberapa detil dari pembunuh berantai dari Australia sebagai bumbu cerita horornya. Pembunuh tersebut diketahui suka menculik, menyiksa dan membunuh para turis di antara tahun 90-an sampai 2000 awal.

Yang membuat makin mengerikan adalah penampilan dari sang pembunuhnya seperti orang normal. Hal tersebut membuat penonton pasti langsung was-was saat bertemu dengan orang asing.

23. The Emityville Horror (1979) - Rating IMDb : 6.2


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah The Emityville Horror. Film ini sudah dibuat dalam berbagai versi, tercatat kira-kira ada 11 versi yang sudah beredar dan 1 versi yang masih dalam proses pembuatan, yaitu Amityville: The Awakening. Versi pertama yang sudah beredar adalah The Amityville Horror (1979) dan terakhir adalah The Amityville Asylum (2013).

Film ini bercerita tentang pengalaman supernatural George dan Kathy Lutz beserta keluarga yang baru pindah rumah ke 112 Ocean Avenue, Amityville, Long Island, New York, tanpa mengetahui bahwa setahun sebelumnya di rumah itu terjadi pembunuhan mengerikan yang diduga dilakukan oleh Ronald DeFeo, Jr. Sedangkan korbannya ada 6 orang yang semuanya adalah keluarga DeFeo, terdiri dari ayah, ibu, dua orang saudara laki-lakinya, dan dua orang saudara perempuan. Sementara motif pembunuhan itu sampai sekarang masih menjadi misteri.

Diantara banyak versi film ini, yang pernah mencapai box office antara lain versi tahun 2005 dengan judul yang sama (The Amityville Horror), mencapai pendapatan sekitar $108 juta.

24. Black Water (2007) - Rating IMDb : 6.0


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah Black Water. Dimulai dari liburan keluarga ke hutan Mangrove di Australia bagian utara, sebuah keluarga diserang oleh buaya dan mereka berjuang untuk bertahan hidup. Film ini terinspirasi dari sebuah kisah nyata yang terjadi pada tahun 2003, terdapat sebuah serangan buaya di Australia bagian utara tersebut. Dan di dalam film ini juga terdapat beberapa scene yang menggunakan rekaman nyata pada saat kejadian di tahun 2003.

25. The Rite (2011) - Rating IMDb : 6.0


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah The Rite. Film ini diangkat dari buku dengan judul The Rite: The Making of a odern Excorcist. Cerita yang diangkat ini terinspirasi dari kisah nyata dari Father Gary Thomas. Diceritakan bahwa Thomas adalah seorang Exorcist (pengusir setan) yang berasal dari Vatikan. Thomas mengungkapkan bahw adia melihat kepala pasiennya bergerak dengan cara yang kaku dan bergerak menyerupai ular.

The Rite disutradarai oleh Mikael Hafstrom dan ditulis oleh Michael Petroni. Beberapa nama yang membintangi film ini diantaranya Anthony Hopkins, Colin O’Donoghue, Alice Braga, Ciaran Hinds, dan Rutger Hauer. Film ini mengambil gambar di Roma, Ciaran Hinds dan Blue Island. Film ini dirilis pada tahun 2011.

26. The Haunting in Connecticut (2009) - Rating IMDb : 5.9


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah The Haunting in Connecticut. Walaupun terdapat berbagai macam kritik akan keaslian cerita film ini namun film The Haunting in Connecticut tetap menuai sukses dengan penghasilan sebesar $77,527,732 dari seluruh dunia. Beberapa krtitik memberikan film ini dengan rating yang sangat rendah karena dikatakan bahwa adegan horror yang terlihat di film ini sangatlah klasik.

Berdasar pada pengakuan keluarga Snedeker yang tinggal di Southington, Connecticut pada tahun 1986. Mereka mengakui bahwa banyak kejadian aneh yang mereka alami di rumah tersebut dimulai dari diperkosa setan hingga air keran berawarna darah yang berbau daging busuk. Setelah ditelusuri barulah diketahui bahwa ternyata rumah yang mereka tinggali dulunya adalah rumah duka. Barulah dari sana mereka memanggil ahli demonologis Ed dan Lorraine Warren yang mengatakan bahwa di rumah tersebut telah dilakukan aksi terlarang necromancy pada para jenazah.

Di sisi lain, tidak sedikit investigator yang menyangkal kebenaran dari "kisah nyata" ini dan mengatakan bahwa ini hanyalah taktik marketing. Mereka mengatakan bahwa tidak ada bukti supernatural yang terjadi pada rumah tersebut.

27. The Possession (2012) - Rating  IMDb : 5.9


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah The Possession. Sebagaimana judulnya, The Possession menceritakan mengenai seorang gadis yang kesurupan dan terkutuk karena membeli sebuah kotak antik yang tanpa ia sadari sebenarnya berisikan roh yang sangat jahat. Kotak antik berisi roh jahat inilah yang dikenal dengan nama Dybbuk Box dan Dybbuk Box inilah yang merupakan inspirasi nyata dari film The Posession pada tahun 2012 ini. Jika kebanyakan film yang bertuliskan "Diangkat dari Kisah Nyata," sebenarnya hanya taktik marketing semata maka film The Posession satu ini benar-benar terinpirasi dari sebuah kejadian nyata yang sangat mengerikan.

Pertengahan tahun 2000 adalah saat dimana kisah ternama mengenai kotak Dibbuk ini mulai muncul. Dimulai dari sebuah listing eBay terkait kabinet anggur dengan harga awal $1.00 namun akhirnya terjual hingga $300. Di kabinet tersebut ada sekumpulan rambut, sedikit receh, sekumpulan gelas anggur, bunga kering, dan beberapa ukiran granit. Si penjual, Kevin Mannis, mengatakan bahwa ia mendapatkan Kotak Dibbuk itu saat ia membeli sebuah rumah.
Nah, di sinilah kisah menariknya mulai muncul. Dalam perjalanan Mannis membawa pulang kabinet anggur tersebut, tiba-tiba saja ia mendapat telepon panik dan ketakutan bahwa salah satu tokonya diserang oleh orang misterius yang tidak pernah ditemukan. Karyawannya sangat ketakutan dan pada hari itu juga, para karyawan Mannis berhenti dan tidak pernah kembali. Sesudah kejadian itu, Mannis kemudian membersihkan kabinet anggur alias kotak Dibbuk itu dan memberikannya sebagai hadiah ke ibunya. Beberapa menit sesudah kabinet diberikan, ibunya langsung terkena stroke dan kehilangan kemampuan berbicara untuk selamanya. Ibunya kemudian menunjukkan bahwa kabinet itu adalah benda terkutuk.

Sebagaimana kepercayaan umum, untuk melepaskan roh jahat yang ada di benda seseorang, orang terkait harus mengalihkan kepemilikan benda tersebut ke orang lain. Singkat cerita, Mannis berkali-kali berusaha memberikan kabinet tersebut ke semua orang yang dikenalnya namun malah semua orang yang menerimanya ketakutan dan memberikannya kembali ke Mannis hingga akhirnyalah kabinet tersebut, Kotak Dibbuk ini dtaruh di eBay dan dibeli oleh seorang mahasiswa bernama Losif Nietzke. Losif kemudian mengalami hal yang sama hingga akhirnya kabinet ini diambil alih oleh seorang kurator museum Jason Haxton. Haxton mengatakan pada saat ia meninggal nanti, kuburkanlah Kotak Dibbuk ini bersamanya agar untuk selamanya kotak itu bisa lenyap dari dunia ini.

28. Audrey Rose (1977) - Rating IMDb : 5.9


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah Audrey Rose. Film menceritakan seorang gadis bernama Ivy dan keluarganya yang sedang diteror oleh seorang pria misterius yang percaya bahwa Ivy adalah reinkarnasi dari putrinya, Audrey Rose, yang meninggal dalam kecelakaan mobil yang berapi-api hanya beberapa menit sebelum Ivy lahir (setelah sebelumnya mendapatkan jawaban sama dari dua paranormal). Apa yang berikut adalah serangkaian kejadian aneh (beberapa sangat mirip dengan yang di ‘The Exorcist’), termasuk Ivy mengalami mimpi buruk yang mengerikan dan membakar tangannya di jendela. Kabarnya film ini diangkat dari kisah nyata.

29. Borderland (2007) - Rating IMDb : 5.6


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah Borderland. Film ini dirilis pada tahun 2007. Zev Berman adalah orang yang bertugas sebagai sutradara sekaligus penulis dari film ini. Borderland diangkat dari kisah nyata dari Adolfo de Jesus Constanzo, seorang raja oat bius dan pemimpin sebuah sekte keagamaan yang melakukan pengorbanan manusia. Costanzo dan para pengikutnya yang disebut dengan pemuja Naco- Satanists, menculik dan membunuh seorang mahasiswa dari Universitas Texas bernama Mark J. Kilroy pada musim semi 1989.

30. Eaten Alive (1976) - Rating IMDb : 5.4


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah Eaten Alive. Eaten Alive merupakan Film yang disutradarai oleh Tobe Hooper dan dirilis pada 1977. Film ini ditulis oleh Kim Henkel, Alvin L. Fast dan Mardi Rustam. Mereka yang memibintagi film ini diantaranya Neville Brand, Roberta Collins, Robert Englund, William Finley, Marilyn Burns, Janus Blythe dan Kyle Rishards.

Film ini berkisah tentang Joe Ball seorang pembuat minuman  yang tinggal di Texas pada tahun 1930. Di hotel miliknya Ball memiliki 5 ekor alligator yang ia tempatkan di kolam rawa buatan. Ball mulai di curigai oleh polisi setelah para tetangganya melaporkan kalau mereka mencium bau busuk yang berasal dari hotel milik Ball. Setelah kecurigaan para tentangga muncul Ball pun diinterogasi, tak disangka ia merespon interogasi tersebut dengan menembak dirinya sendiri. Setelah kejadian tersebut banyak yang mengatakan kalau Ball telah memberikan bagian-bagian tubuh pelayan di hotelnya kepada para alligator yang ia pelihara.

31. Annabelle (2014) - Rating IMDb : 5.4


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah Annabelle. Arsip catatan investigasi suami istri pemburu hantu Ed dan Lawren cukup lengkap tentang Annabelle. Menurut laporan, pertam kali sebuah boneka compng camping dibeli dari toko mainan anak - anak pada tahun 1970. Donna sebenarnya bukan seorang anak kecil, melainkan seorang mahasiswa pecinta boneka. Ibu Donna membelikannya sebagai hadiah ulang tahun. Alasannya cukup sederhana, boneka itu terlihat kuno dan antik. Lumayan untuk melengkapi koleksi boneka anaknya.

Sebagai mahasiswa perawat, Donna tinggal diapartemen tidak jauh dari kampus bersama temannya Anggie. Boneka tersebut diletakkan begitu saja ditempat tidur. Semuanya berlalu seperti biasa sampai suatu ketika mulai terjadi hal - hal yang aneh diapartemennya. Boneka tersebut selalu berpindah - pindah tempat.

32. An American Haunting (2005) - Rating IMDb : 5.0


Film horror berdasarkan kisah nyata yang selanjutnya adalah An American Haunting. Ini adalah film horror modren yang mengambil cerita dari masa lampau. Bermula ketika Yohanes Bell mengambil paksa tanah milik Kate Batts, yang dikenal memilki ilmu sihir. Dan Setelah insiden itu, Yohanes Bell dan putriny sering mengalami kejadian supranatural. Dan yang terparah adalah Yohanes Bell menemukn putrinya dalam keadaan terluka parah dan putrinya mengaku telah diperkosa oleh makluh halus.

Pada tahun 1886, seorang sejarahwan pernah menulis tentang penyihir Batts ini yang sangat terkenal pad masa kepresidenan Andrew Jackson. Disinyalir, keberadaan keluarga Yahones Bell ini memang benar adanya.

No comments:

Post a Comment