Sponsor

Sponsor

Tuesday 15 March 2016

ONE PIECE : Keunikan Kelompok Bajak Laut Topi Jerami / Straw Hat Pirate

Kelompok Bajak Laut Topi Jerami adalah slah satu Kelompok Bajak Laut yang terdapat di dalam cerita Mangga maupun Anime One Piece. Dari sekian banyak Kelompok Bajak Laut yang terdapat dalam dunia One Piece, Kelompok Bajak Laut Topi Jerami Memiliki Keunikan tersendiri. Berikut adalah beberapa hal yang menurut penulis menjadi pembeda antara Kelompok Bajak Laut Topi Jerami dengan Kelompok Bajak Laut lainnya.

1. Hampir Seluruh Kru Kelompok Bajak Laut Topi Jerami Bergabung Karena Di Paksa 

Seperti yang diketahui, hampir seluruh kru Kelompok Bajak Laut Topi Jerami bergabung dengan cara dipaksa oleh Monkey D. Luffy, mari kita ulas satu persatu.
  • Dimulai dari Roronoa Zoro yang awalnya terpaksa bergabung karen pilihan antara hidup dan mati. Jika Roronoa Zoro tidak bergabung dengan Monkey D. Luffy maka Roronoa Zoro akan mati ditembak oleh Marinir.
  • Nami dari awal juga sangat menolak bergabung dengan Monkey D. Luffy karena Nami sangat membenci Bajak Laut. Bahkan pada saat Roronoa Zoro yang meminta Monkey D. Luffy untuk membiarkan Nami pergi waktu Nami mencuri Going Merry sekalipun tidak membuat Monkey D. Luffy mau melepaskan Nami.
  • Usopp sedikit berbeda, Usopp memang tidak dipaksa, namun tetap saja awalnya Usopp tidak ada rencana untuk bergabung dengan Kelompok Bajak Laut Topi Jerami.
  • Saat Sanji pertama kali diajak bergabung oleh Monkey D. Luffy, Sanji menolak dengan alasan ingin membayar hutang budinya pada Red Foot Zeff. Namun Monkey D. Luffy tetap tidak menghiraukan penolakan Sanji, Bahkan saat Krieg bertanya berapa orang kru yang dimilikinya, Monkey D. Luffy ikut menghitung Sanji sebagai bagian dari kru Bajak Lautnya.
  • Tony Tony Chopper adalah kru selanjutnya yang dipaksa oleh Monkey D. Luffy untuk bergabung dengan Kelompok Bajak Laut Topi Jerami. Setelah Monkey D. Luffy mengetahui bahwa Tony Tony Chopper adalah rusa kutub yang bisa bicara, Monkey D. Luffy kemudian memaksa Tony Tony Chopper untuk bergabung dengan Kelompok Bajak Laut Topi Jerami. Setelah memaksa dengan berbagai cara, akhirnya Tony Tony Chopper bersedia bergabung dengan Kelompok Bajak Laut Topi Jerami
  • Nico Robin adalah pengecualian. Nico Robin adalah satu satunya kru Kelompok Bajak Laut Topi Jerami yang meminta bergabung. Nico Robin sudah melihat pesona yang dimiliki oleh Monkey D. Luffy jauh sebelum ia bergabung dengan Kelompok Bajak Laut Topi Jerami
  • Mungkin diantara kru yang lainnya, Franky adalah kru yng bergabung dengan Kelompok Bajak Laut Topi Jerami dengan cara pemaksaan yang sedikit ekstrem. Setelah awalnya terjadi perselisihan antara Kelompok Bajak Laut Topi Jerami dengan Franky Family karena pencurian uang yang dilakukan oleh Franky Family. Meraka akhirnya berteman karena satu tujuan, yaitu mengalahkan CP9. Franky memiliki alasan yang kuat untuk tidak bergabung dengan Kelompok Bajak Laut Topi Jerami karena ia memiliki anak buah yang harus dijagany. Namun karena Franky yang memiliki Nilai Buruan membuat anak buahnya meminta Monkey D. Luffy untuk menerimanya sebagai kru Kelompok Bajak Laut Topi Jerami. Franky yang yang keras kepala harus dipaksa untuk bergabung. Hasilnya, seluruh kru Kelompok Bajak Laut Topi Jerami dan jug anggota Franky Family turun tangan untuk memaksa. Cara yang dipakai adalah cara yang sedikit vulgar, yaitu membawa lari kolor kesayangan yang selalu dipakai oleh Franky.
  • Brook memang langsung menerima tawaran Monkey D. Luffy untuk bergabung dengan Kelompok Bajak Laut Topi Jerami pada saat pertama kali bertemu. Namun sebenarnya Brook tidak langsung bergabung saat itu juga. Karena setelah Brook menerima tawaran tersebut, Brook kemudian menjelaskan jika ia tidak bisa bergabung karena Bayangannya telah dicuri oleh seseorang. Yang terjadi adalah Monkey D. Luffy tetap memaksa Brook untuk bergabung sekaligus menjanjikan akan mengembalikn bayangan Brook yang telah dicuri. Dan pada saat itu Brook menolak tawaran Monkey D. Luffy. 
2. Setiap Kru Kelompok Bajak Laut Topi Jerami Memiliki Impian Yang Ingin Di Capai

Setiap orang pasti memiliki impian masing - masing, termasuk semua bajak laut yang ada di One Piece juga pasti memilikinya. Namun yang memiliki impian yang tinggi hanya beberapa. Kebanyakan Kelompok Bajak Laut, hanya sang Kapten yang mimiliki impian yang tinggi misalnya Enel, yang ingin menjadi dewa seluruh dunia, Crocodile yang ingin mengusai dunia dengan menemukan Senjata Kuno yang dapat menghancurkan dunia, dan juga masih banyak lainnya. Sedangkan kru yang mereka miliki biasanya hanya mengikuti Kapten tanpa memiliki impian yang jelas. Nah disinilah perbedaan Kelompok Bajak Laut Topi Jerami dengan Kelompok Bajak Laut lainnya. Mari kita bahas sedikit apa saja impian setiap kru dari
Kelompok Bajak Laut Topi Jerami.

  • Impian Monkey D. Luffy sudah sangat jelas, dari awal Episode Monkey D. Luffy sudah menyatakan impiannya, yaitu ingin menjadi Raja Bajak Laut
  • Banyak yang mengatakan jika impian Roronoa Zoro adalah mengalahkan Dracule Mihawk. Namun pada kenyataannya bukan itu impian Roronoa Zoro yang sebenarnya. Impian Roronoa Zoro yang sebenarnya adalah ingin menjadi Ahli Pedanga terbaik didunia. Mengalahkan Dracule Mihawk hanya jalan menuju impiannya, karena Dracule Mihawk memang dianggap sebagai Ahli pedang terbaik. Namun sebenarnya masih sangat banyak Ahli Pedang yang lainnya yang harus dihadapi Roronoa Zoro jika ia ingin disebut sebagai Ahli Pedang terbaik.
  • Dari semua kru yang ada mungkin hanya Usopp yang tidak terlalu jelas apa maksud dari Impiannya. Impian Usopp adalah ingin menjadi seorang pria pemberani dilautan.
  • Sanji memiliki impian ingin menemukan The All Blue, sebuah lautan yng menghubungkan ke empat lautan menjadi satu. Konon katanya dilaut yang disebut The All Blue itu terdapat semua jenis ikan yang seharusnya hanya hidup dilautnya masing - masing.
  • Nami memiliki impian ingin membuat sendiri peta seluruh dunia. Tentu saja dengan cara mendatangi langsung seluruh tempat yang ada.
  • Tony Tony Chopper bergabung dengan Monkey D. Luffy karena ingin memenuhi mimpinya melihat dunia luar seperti yang diajarkan oleh ayah angkatnya Dr. Hiluluk.
  • Nico Robin memiliki mimpi ingin membuka sejarah yang hilang dari dunia. Sebelum bergabung dengan Kelompok Bajak Laut Topi Jerami, Nico Robin menemukan jalan buntu. Namun setelah bergabung dengan Kelompok Bajak Laut Topi Jerami, Nico Robin perlahan mulai menemukan apa yang selama ini dicarinya.
  • Franky memiliki mimpi ingin membuat kapal impian dan kemudian berlayar dengan mengelilingi dunia dengan kapal tersebut. setelah Franky membuat kapal impiannya dan memberikannya kepada Kelompok Bajak Laut Topi Jerami, Franky harus ikut berlayar bersama mereka jika ingin memenuhi mimpinya.
  • Brook sedikit berbeda dengan yang kru yang lainnya, karena yang Brook miliki adalah janji yang harus ditepati. Janji Brook untuk berjumpa kembali dengan Laboon hanya bisa dicapainya dengan berlayar bersama Kelompok Bajak Laut Topi Jerami

3. Seluruh Kru Kelompok Bajak Laut Topi Jerami Memiliki Poster Buronan / Bounty
 
Kelompok Bajak Laut Topi Jerami adalah satu dari sedikit Kelompok Bajak Laut yang seluruh krunya memiliki Nilai Buruan/ Bounty. Pertama kali Seluruh kru mendapat Nilai Buruan / Bounty adalah saat mereka berhasil mengalahkan CP9 di Enies Lobby. Dan Saat Brook bergabung pun ternyata Brook juga telah memiliki Nilai Buruan / Bounty Sebelumnya

Poster Buronan Kru Kelompok Bajak Laut Topi Jerami

4. Setiap Kru Kelompok Bajak Laut Topi Jerami Memiliki Keahlian Yang Berharga
 
Berbeda dengan kebanyakan Kelompok Bajak Laut yang umumnya memiliki banyak kru namun tidak terlalu berguna sehingga hanya mengandalkan kemampuan Kapten mereka, Kelompok Bajak Laut Topi Jerami justru hanya memilki sedikit kru namun sangat berguna karena masing - masing memiliki skill unik. berikut sedikit penjabaranya.
  • Roronoa Zoro memiliki kelebihan dalam hal memainkan pedang. Roronoa Zoro adalah kru yang kekuatannya paling mendekati Monkey D. Luffy. Sehingga biasanya jika Monkey D. Luffy tidak ada (Biasanya menghilang tidak jelas) maka Roronoa Zoro yang menjaga kru yang lainnya dari bahaya.
  • Sanji memiliki kelebihan dalam hal memasak. Wajar memang karena Sanji merupakan koki di Kelompok Bajak Laut Topi Jerami. Selain itu kekuatan Sanji juga tidak bisa dianggap remeh. Nami pernah menyebut Monkey D. Luffy, Roronoa Zoro dan Sanji dengan sebutan Trio Monster. Hal itu cukup menggambarkan kekuatan Sanji di Kelompok Bajak Laut Topi Jerami.
  • Usopp memiliki kelebihan dalam hal menembak jitu. tidak peduli seberapapun jauhnya musuh, Usopp dapat menebaknya dengan sangat tepat.
  • Nami memiliki kelebihan dalam bidang navigasi dan memperhitungkan cuaca. Tanpa Nami yang mengatur arah kapal, Kelompok Bajak Laut Topi Jerami diragukan bisa melakukan perjalanan sampai sejauh itu.
  • Tony Tony Chopper memiliki kelebihan dalam bidang ilmu kedokteran. Obat yang Chopper racik terbukti dapat menyembuhkan pasiennya dengan sangat cepat.
  • Nico Robin memiliki kelebihan dalm bidang Arkeologi dan Mata - mata. Kemampuan Nico Robin dalam mencari celah kelemahan lawan sangat menbantu Kelompok Bajak Laut Topi Jerami daloam memenangkan pertarungan.
  • Franky memiliki kelebihan dalam bidang perkapalan dan mekanik. Tanpa Franky bisa dipastikan kapal Kelompok Bajak Laut Topi Jerami the Thousand Sunny akan mengalami hal yang sama dengan Going Merry, terpaksa dibakar karen sudah tidak dapat berlayar lagi.
  • Brook memiliki kelebihan dalam hal bermain musik. Monkey D. Luffy sudah sangat lam mengharapkan seorang kru dari kalangan musisi.

5. Setiap Kru Kelompok Bajak Laut Topi Jerami Memiliki Kelakuan Aneh Yang Berlebihan
 
Saya sangat yakin salah satu alasan anda melihat One Piece selain karena jalan ceritanya yang unik dan sulit ditebak juga pasti karena tingkah konyol para karakternya. berikut sedikit ulasannya.
 
Monkey D. Luffy : Terlalu bodoh sehingga gampang ditipu, baik oleh musuh maupun teman sendiri. Selain bodoh, keanehan lainnya adalah suka makan yang terlalu banyak, namun hal tersebut cukup bermanfaat baginya, karen kekuatan utama Monkey D. Luffy terletak dari pola makannya yang sangat banyak. 

 
Monkey D. Luffy tukang makan

Roronoa Zoro : Bodoh, tapi tidak separah Monkey D. Luffy. Tukang tidur, hal ini wajar karena waktu Roronoa Zoro dihabiskannya untuk melatih fisiknya. Hal paling aneh yang selalu dilakukan Roronoa Zoro adalah selalu salah arah. Tony Tony Chopper sudah mencoba mengobati penyakit Roronoa Zoro yang satu ini, namun sepertinya belum menampakkan hasil. Perselisihan dengan Sanji yang tiada akhir.


Roronoa Zoro salah jalan

Sanji : Gila wanita adalah hal biasa bagi seorang pria, namun pada kasus Sanji adalah hl yang terlalu berlebihan. Sanji bahkan rela mati dari pada menyakiti wanita. Mesum adalah hal yang selalu ada diotak Sanji. Perselisihan dengan Sanji yang tiada akhir 


Sanji mesum

Nami : Dari awal kemunculannya, Nami sudah menunjukkan sifat Gila Harta. Nami akan melakukan apapun untuk mendapatkan Harta yang telah diincarnya. 


Nami mata duitan

Usopp : Penakut yang berlebihan / Phobia dalam segala hal. Berbohong bagi Usopp seperti sudah menjadi keharusan. Biasanya kebohongan yang disampaikan Usopp sangat tidak masuk akal dan mudah untuk ditebak, namun dikru Kelompok Bajak Laut Topi Jerami sendiri ada dua orang yang bisa selalu Usopp bohongi, yaitu Monkey D. Luffy dan Tony Tony Chopper 


Usopp ketakutan

Tony Tony Chopper : disaat Tony Tony Chopper ketakutan, ia biasanya bersembunyi dengan cara yang terbalik. Selain itu Tony Tony Chopper adalah kru yang paling sering dibohongi oleh Usopp. Mudah dipuji dan tidak bisa menyembunyikan rasa senangnya. 


Tony Tony Chopper bersembunyi

Nico Robin : Nico Robin selalu memiliki imajinasi yang aneh aneh. Disaat keadaan genting / serius, biasanya Nico Robin selalu berkomentar yang mengerikan. Dan biasanya komentarnya itu membuat takut Usopp dan Tony Tony Chopper. 


Imajinasi aneh Robin

Franky : Walaupun usia Franky tergolong paling tua (no 2 dibawah Brook), Franky selalu bersikap seperti anak - anak. Franky juga selalu menangis jika ada cerita sedih. 


Franky menangis

Brook : Di Kelompok Bajak Laut Topi Jerami, Brook adalah yang paling suka membuat lelucon. Dan hampir sama dengan Sanji, Brook selalu berfikiran mesum terhadap wanita.


Brook 45 Degrees

6. Hanya Satu Orang Kru Yang Layak Di Sebut Sebagai Seorang Bajak Laut
 
Dari Semua Kru termasuk Kapten yang ada di Kelompok Bajak Laut Topi Jerami, menurut penulis hanya Roronoa Zoro yang terlihat seperti Bajak Laut. Sedangkan yang lainnya sama sekali tidak terlihat seperti Bajak Laut. Dari sini tampilan, Roronoa Zoro terlihat paling garang dari yang lain. Dari segi sifat, Roronoa Zoro juga paling dingin diantara yang lainnya.
Dan biasanya musuh juga sangat takut kepada Roronoa Zoro dari pada kru yang lainnya.


7. Dalam Kelompok Bajak Laut Topi Jerami Posisi Monkey D. Luffy sebagai Kapten Hanya Sebatas Simbol
 
Dalam Kelompok Bajak Laut Topi Jerami, posisi Monkey D. Luffy hanya sebagai simbol. Memang keputusan berada ditangan Monkey D. Luffy, namun tetap saja dalam keadaan genting biasanya Monkey. D. Luffy tidak ada ditempat, kalaupun ada biasanya Monkey D. Luffy tidak terlalu memahami keadaan, sehingga biasanya selalu diambil alih oleh yang lainnya

8. Tidak Ada Satupun Kru Kelompok Bajak Laut Topi Jerami Yang Memanggil Monkey D. Luffy Dengan Kapten
 
Di Kelompok Bajak Laut lainnya ada kru yang memanggil pemimpinnya dengan Kapten, ada juga yang memanggil Bos, Ketua, Khusus untuk Whitebear Pirate memanggil dengan Ayah. Namun di Kelompok Bajak Laut Topi Jerami semua kru memanggil Monkey D. Luffy hanya dengan nama. Tidak berkharisma memang.

9. Dalam Kelompok Bajak Laut Topi Jerami Kapten Diperlakukan Layaknya Anak Buah 

Monkey D. Luffy diperlakukan sama dengan krunya dalam hal pekerjaan. Bahkan Monkey D. Luffy tidak boleh mendekati barang - barang berharga yang mereka miliki karena takut akan dirusak. Monkey D. Luffy juga tidak diperbolehkan melakukan apapun seorang diri, takut jika ia membuat masalah, padahal seharusnya sebagai Kapten Monkey D. Luffy berhak melakukan apapun yang ia mau.

10.  Satu Satunya Kelompok Bajak Laut Yang Memiliki Kru Dari Spesies Hewan
 
Jika di Kelompok Bajak Laut yang lain hewan hanya dijadikan peliharaan ataupun senjata, di Kelompok Bajak Laut Topi Jerami Tony Tony Chopper (dari spesies hewan) tetap dianggap sebagai bagian dari kru. Malahan Marinir yang selalu salah menilai status Tony Tony Chopper, mereka mengira jika Tony Tony Chopper adalah peliharaan Kelompok Bajak Laut Topi Jerami.

11. Banyak Musuh Kelompok Bajak Laut Topi Jerami Yang Berakhir Menjadi Teman

Hal yang unik dari Kelompok Bajak Laut Topi Jerami, banyak dari musuh yng pernh dihadapi mereka malah berbalik menjadi teman meraka, atau setidaknya bekerjasama dengan mereka dalam mencapai satu tujuan. Mereka diantaranya adalah Crocodile, Buggy the Clown, Mr.2, Mr.3, dan masih banyak yang lainnya.

No comments:

Post a Comment